BERAPA BIAYA ISI FREON AC MOBIL SURABAYA? 0852.5858.6262

Freon AC Mobil anda habis…??? Butuh jasa isi Freon…??? Sebelum anda memutuskan untuk isi Freon AC Mobil anda, tentu ada baiknya anda memahami Jenis-jenis Freon AC Mobil dan bagaimana seharusnya Cara Mengisi Freon AC Mobil, agar anda memiliki pengetahuan dan tidak mudah diakali oknum bengkel yang nakal.

Freon R134a

Refrigent atau juga dikenal dengan Freon adalah gas yang banyak digunakan untuk pendingin. Jenis Freon untuk AC mobil yang beredar di Indonesia kebanyakan jenis R134a dan R12. Tetapi sekarang sudah sangat jarang dan boleh dikatakan sudah hampir tidak ada lagi Freon jenis R12 karena ini produk lama banget. R12 disinyalir berbahaya dan berdampak buruk bagi lingkungan. Sedangkan R134a adalah produk yang lebih baru dan dikategorikan lebih ramah lingkungan. Untuk R134a juga ada berbagai macam merk, diantaranya yang terbaik adalah merk Klea dan Dupont.

Untuk pengisian Freon, usahakan selalu disesuaikan dengan jenis kompresor AC mobil anda. untuk kompresor R12 banyak ditemukan pada mobil lama, usahakan diisi dengan Freon R12 juga. Karena sekarang sudah sangat jarang dan hampir tidak ada Freon jenis R12, diisi dengan R134a pun tidak apa-apa. Namun dengan syarat Freon R12 yang sebelumnya ada tersisa harus dikuras habis total, dan harus juga mengganti oli kompresornya yang baru. Apabila memaksakan menambahkan Freon R134a ke kompresor R12 tanpa membuang Freon sebelumnya dan tidak mengganti oli yang baru, akibatnya kerja kompresor akan terlalu berat dan terancam jebol karena perbedaan tekanan diantara dua senyawa tersebut. Selain itu, selang-selang juga terancam bocor, retak hingga jebol. Kerja kompresi yang seharusnya dihasilkan kompresor juga akan melemah.

Kebiasaan yang sering dialami pengguna mobil apabila AC kurang dingin, kemudian disarankan sebatas menambahkan Freon tanpa mengganti oli pada kompresor  dan mengecek komponen AC lainnya sebenarnya sangat tidak direkomendasikan. Karena penambahan Freon membuat AC kembali dingin hanya bersifat sementara, biasanya AC akan kembali mulai berkurang dinginnya dengan cepat dalam hitungan minggu atau sebulan dua bulan kemudian. Ini karena jika Freon berkurang dengan cepat maka bisa dipastikan ada kebocoran dalam sistem AC mobil anda. Karena idealnya sekali isi Freon kalau tidak ada kebocoran dan seluruh komponen sistem AC Mobil anda berjalan dengan baik maka bisa bertahan sangat lama. Jika ada kebocoran bisa dipastikan juga oli dalam kompresor berkurang dan juga kotor. Maka jika memang terpaksa harus menambahkan Freon mintalah juga bengkel AC Mobil untuk mengganti oli pada kompresor, dan juga pengecekan komponen AC lainnya secara menyeluruh di bengkel langganan anda. Karena pengecekan menyeluruh komponen sistem AC Mobil ini penting untuk bisa mengetahui lebih dini gejala kerusakan sebelum bertambah parah dan biaya perbaikan AC membengkak.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan pada pengisian Freon…??? 

Pertama – tama pastikan anda mengamati dan mengecek kinerja beberapa Komponen AC Mobil anda bekerja dengan normal atau tidak. Beberapa komponen tersebut antara lain Kondensor, Kompresor, Expansion Valve, Evaporator dan Fan Blower. Teliti dengan seksama aliran refrigerant atau freon pada sight glass. Jika anda menemukan gelembung – gelembung pada kaca tersebut, dapat dipastikan jika freon AC Mobil anda harus di isi ulang, namun jika anda tidak mendapati gelembung dan hanya ada air mengalir maka Freon AC anda cukup dan tidak perlu dilakukan pengisian ulang.

Jika memang Freon untuk AC Mobil  anda perlu di isi ulang, maka kosongkan terlebih dahulu sisa freon pada AC mobil anda. Caranya dengan menutup katup manifold gauge lalu hubungkan manifold gauge tersebut dengan selang merah menuju nipel dengan tekanan tinggi dan selang biru pada nipel yang bertekanan rendah serta selang hijau menuju pompa vacum. Bila telah terpasang dengan benar bukalah salah satu katup pada manifold kemudian hidupkan pompa vakum. Amati ukuran yang tertera pada vakum gauge sampai angkanya menunjuk kurang lebih 600mmHg (23,62 inHg; 80 kPa)

Kemudian Bukalah sisi katup manifold yang satunya supaya vacum bekerja lebih efisien karena bekerja pada kedua sisinya. Baca kembali angka pada vacum gauge lalu pastikan sistem tersebut telah bersih dari uap, udara dan air dan angka menunjukan 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa). Biarkan pompa vakum tetap menyala selama 30 menit. Setelah itu, tutup kedua katup manifold sebelum anda mematikan pompa vacuum. Tunggulah kurang lebih 15 menit dan amati angka pada meteran tersebut, jika terjadi penurunan maka ada kebocoran pada sistem AC mobil anda. Untuk itu maka perlu melihat kebocoran terjadi di komponen AC yang mana. Segera temukan penyebab kebocoran dan atasi dengan langkah yang benar agar pengisian Freon tidak sia-sia.

Demikianlah Pengertian Freon dan Cara pengisian Freon AC Mobil. Bagi anda yang butuh mengisi kembali Freon AC Mobil, atau ada masalah kebocoran pada sistem AC Mobil anda yang menyebabkan Freon cepat habis, silahkan hubungi kami di HP. 0852.5858.6262 – 0823.3737.3000. Kami melayani pengisian Freon berkualitas dengan harga pantas dan juga pengecekan secara menyeluruh sistem AC Mobil anda sebelum proses pengisian Freon. Bila kami menemukan masalah pada komponen sistem  AC mobil anda, maka akan kami tangani dengan benar dan tuntas. Silahkan langsung saja ke bengkel kami untuk mengatasi masalah AC Mobil anda di  Jln.Sutorejo Utara 9 No.34 Surabaya. Buka dari jam 8 Pagi hingga jam 5 Sore, Hari Minggu dan Libur Nasional Tetap Buka.

Terima Kasih, Salam

Bengkel servis ac omega ac mobil surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *