KONDENSOR AC MOBIL BOCOR? Bagaimana Solusinya? 0852.5858.6262

Kondensor AC Mobil Anda Buntu atau Bocor…??? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai masalah kebuntuan dan kebocoran pada Kondensor AC Mobil, ada baiknya kita mengetahui dulu Fungsi Kondensor pada AC Mobil.

Kondensor ac mobil

Kondesor AC Mobil

Condenser atau Kondensor pada AC Mobil berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas dari refrigerant atau freon bersuhu dan bertekanan tinggi yang datang dari kompessor AC. Menggunakan cooling fan mesin atau Kondensor fan untuk merubah freon menjadi cair. Singkatnya Kondensor adalah komponen AC mobil yang berfungsi untuk merubah freon dalam bentuk atau wujud gas menjadi bentuk cair atau kondensasi. Refrigerant atau freon dalam wujud gas yang di pompa oleh kompressor AC, masuk lewat inlet (warna merah) dalam  kondisi bersuhu dan bertekanan tinggi. Hembusan atau hisapan angin dari fan Kondensor dan atau cooling fan membuang panas yang di hasilkan serta menurunkan tekanan refrigerant dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair. Selanjutnya modulator yang juga terdapat filter dryer didalamnya bertugas untuk memastikan bahwa yang keluar dari kondensor adalah refrigerant (freon ) cair, sebelum di kabutkan oleh expansi valve. Jika kemampuan Kondensor untuk mendinginkan atau membuang panas berkurang menyebabkan tekanan pada siklus refrigerant naik dan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin serta membebani mesin dan mengurangi kemampuan AC untuk mendinginkan kabin. Penting untuk menjaga Kondensor tetap bersih dari debu atau kotoran dan memastikan cooling fan bekerja dengan baik.

Masalah yang sering terjadi pada Kondesor AC mobil ada banyak hal diantaranya: Kebuntuan dan Kebocoran, serta usia pemakaian komponen spare part AC mobil dan insiden tabrakan atau kecelakaan mobil. namun kerusakan yang paling umum terjadi adalah kebocoran dan kebuntuan. Untuk kerusakan seperti buntu dan bocor umumnya masih bisa diatasi. kebuntuan dan Kebocoran tersebut tentu akan mengganggu siklus pendinginan sehingga peforma AC akan berkurang. Jika kondensor buntu suplai freon akan terhambat dan jika bocor, maka akan mengurangi jumlah freon pada sistem pendingin tersebut dan kerja AC akan semakin berat dan jika kebocoran tersebut tidak langsung diatasi, maka seiring dengan berjalannya waktu AC akan rusak secara keseluruhan.

Cara paling utama mengatasi kebocoran yaitu bengkel mobil akan melakukan las pada lubang bocor yang ada (bocor karena gesekan atau tabrakan), akan tetapi bila bocor terlalu parah karena keropos atau insiden tabrakan yang fatal maka Kondensor tidak dapat lagi diperbaiki dan wajib diganti dengan unit yang baru. Sedangkan untuk masalah kebuntuan Kondesor buntu biasanya terjadi pada filter driyer dan dapat digantikan oleh teknisi bengkel berupa silicagel (saringan filter driyer) dengan yang baru, tetapi bila kebuntuan parah terjadi karena rusak akibat kompresor yang jebol dan sisa oli pada kompresor AC mobil berwarna hitam, maka sebaiknya mengganti saja Kondensor dengan unit yang baru, agar menghidari kotoran yang ada dan mungkin masih menempel pada Kondensor, sehingga tidak terjadi kerusakan jebol kompresor yang kedua kalinya.

Cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk dapat mengecek rusak atau tidaknya Kondesor AC mobil adalah dengan cara meniup dengan mulut anda, pada bagian pipa bagian in (masuk) dan rasakan tiupan anda tersebut terasa berat atau ringan. Bila terasa berat maka sebaiknya langsung mengganti dengan unit yang baru.

Demikian fungsi Kondensor AC mobil dan cara mengatasi masalah Kondensor AC Mobil Buntu atau Bocor, semoga bermanfaat…, Apabila anda tidak bisa mengatasi masalah pada kebuntuan dan kebocoran pada AC Mobil Anda. Serta membutuhkan spare part Kondensor AC Mobil atau ada permasalahan lain dengan AC Mobil anda silahkan kontak kami di 085258586262 klik di Omega AC Mobil Surabaya. Kami menyediakan Kondensor AC Mobil merk Sanden dan Denso untuk mobil Jepang, Eropa, Amerika dan sebagainya, juga bengkel servis AC Mobil di Jln.Sutorejo Utara 9 No.34 Surabaya. Buka dari Jam 8 Pagi Hingga 5 Sore, Hari Minggu Tetap Buka.

Terima Kasih, Salam

Bengkel servis ac omega ac mobil surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *