JUAL RECEIVER DRYER AC MOBIL 0852.5858.6262

Receiver Dryer merupakan salah satu komponen penting dalam rangkaian sitem AC Mobil. Apabila komponen ini rusak dan butuh penggantian , untuk itu ada baiknya kita memahami dulu Fungsi Receiver Dryer.

Jual Reciever Drier AC Mobil

Reciever Dryer berfungsi untuk menapung sementara refrigerant yang telah menjadi cair oleh Kondensor untuk kemudian mensuplainya sesuai dengan beban pendinginan. Selain itu juga untuk menyaring kotoran yang terdapat di refrigerant akibat gesekan atau korosi di jalur yang di lalui cairan refrigerant sehingga perlu di lakukan penyaringan yang mana penyaringan ini dilakukan oleh Receiever Dryer tersebut. selain itu juga di Receiever Dryer berfungsi untuk menyaring uap air yang merugikan bagi siklus refrigerant. Reciever Dryer berfungsi juga untuk menyerap kotoran serta air yang mungkin terserap saat terjadi sirkulasi refrigerant pada AC mobil. Ada dua komponen penting dalam Receiver Dryer yakni Dryer (pengering) dan Filter (penyaring).

Adapun komponen dalam Receiver Dryer sendiri yaitu :

  • Filter
  • Desiccant
  • Sight glass
  • Fusible plug

Cara kerja komponen Reciever Dryer adalah sebagai berikut :

  1. Filter pada Receiver Dryer berfungsi untuk menyaring kotoran yang mungkin ikut bersirkulasi bersama refrigerant atau Freon. Dengan adanya filter tersebut, berguna untuk menjaga kebersihan Receiver Dryer karena jika tidak ada filter maka kotoran akan masuk dan menyebabkan karatan pada komponen pada system AC mobil.
  2. Setelah melalui filter refrigerant akan dikonstruksikan ke dalam tabung silinder yang mengandung silica gel atau desiccant yang berfungsi untuk menyerap uap air pada zat refrigerant. Dengan begitu refrigerant dapat mencegah terjadinya pembekuan kotoran di dalam katup ekspansi serta evaporator. Kotoran yang membeku tersebut dapat menggangu aliran zat refrigerant pada saat bersikulasi.
  3. Untuk mobil buatan tahun 2000 rata – rata masih dilengkapi dengan kaca pengontrol atau sight glas pada bagian atas dryer. Sight glas tersebut berfungsi untuk mengontrol peredaran zat pendingin pada system AC mobil. Namun pada mobil keluaran tahun 2003 ke atas seperti honda jazz, grand livina, inova, avanza dan sebagainya sudah tidak menggunakan sight glass pada bagian atas dryer melainkan letaknya terpisah pada pipa dengan ukuran 3/8.
  4. Selanjutnya adalah fusible plug yang berfungsi sebagai alat pengaman. Di dalam fusible plug tersebut terdapat timah yang akan meleleh jika system AC seperti kondensor , Pipa yang tersumbat atau terjadi kelebihan beban yang dapat merusak komponen AC mobil. Saat terjadi situasi tersebut, maka solderan khusus yang terdapat pada fusible plug akan meleleh dan zat refrigerant atau Freon akan keluar sehingga mengurangi tekanan pada system AC. Biasanya timah tersebut akan meleleh pada suhu 95 hingga 100 derajat celcius.

Demikianlah fungsi dan cara kerja komponen Reciever Dryer, Semoga bermanfaat. Apabila anda membutuhkan spare part AC mobil, kami menjual Reciever Dryer untuk berbagai jenis merk mobil anda. Kami menyediakan Reciever Dryer untuk Mobil Eropa seperti Mercedes Benz, BMW, Volvo, Opel. Serta Mobil Jepang Seperti Daihatsu, Mitsubishi, Mazda, Toyota, Honda, Isuzu dan lainnya. Kami sediakan Reciever Dryer untuk jenis mobil lama dan baru. Silahkan kontak kami di HP.0852.5858.6262 – 0823.3737.3000. Apabila anda memerlukan jasa pemasangan Reciever Dryer silahkan langsung ke bengkel kami di Omega AC Mobil Surabaya  Jln.Sutorejo Utara 9 No.34 Surabaya, Buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore, Hari minggu tetap buka.

Terima Kasih, Salam…

Bengkel servis ac omega ac mobil surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *